Bimbel Aceh ( LBB Islamic Sinergy Course ) memiliki metode cepat untuk anak mengenalkan huruf pada anak melalui program Calistung. 

Menjadikan belajar membaca sebagai pengalaman ,menyenangkan anak, fun learning.  Kesempatan anak bersoasilisasi dan mengenal lingkungannya.   Memahami benda benda yang ada disekitarnya, fungsi dan makna, sekaligus mengenalkan tanggung jawab pada anak.

Bimbel Aceh ( LBB Islamic Sinergy Course ) menerapkan metode pembelajaran yang memberikan pengalaman menyenangkan untuk anak, fun learning dalam memperkenalkan program calistung, baca, tulis, hitung.  Program calistung, baca, tulis, hitung merupakan awal anak mulai belajar dan mengenal arti dari suatu rangkaian kata.  Menjadi tantangan tersendiri untuk menjamin minat anak tertarik untuk melakukannya dengan menyenangkan, fun learning.  Usia  4-6 tahun merupakan masa peka bagi anak.  Mereka mulai sensitif menerima berbagai upaya pengembangan potensi dirinya.  Bimbel ISC mengerti kemampuan calistung, baca, tulis, hitung adalah alat utama untuk anak mengenal lingkungan dan mampu mengekpresikannya, maka tidak berlebihan bila pendekatan fun learning menjadi kunci keberhasilan program Bimbel ISC.

Calistung adalah Fungsi Tertinggi Otak Manusia

Bimbel ISC sangat memahami calistung, baca, tulis, hitung merupakan salah satu fungsi tertinggi otak manusia.  Secara teoritik baca adalah proses rumit yang melibatkan aktivitas pendengaran (auditif) dan penglihatan (visual), untuk memperoleh makna dari huruf atau kata.  Dalam penerapan program calistung, baca, tulis, hitung, Bimbel ISC menerapkan pola repetisi dan penyimakan secara individu dengan waktu minimal 10 menit.  Metode calistung, baca, tulis, hitung ini disesuaikan dengan perkembangan dan kemampuan usia anak.  Dilaksanakan melalui permainan fun learning, mengunakan simbol-simbol yang dikenal anak.  Pengenalan kata pada anak dilakukan melalui pengucapan dan pehaman arti dari ucapan yang tercetak.  Contoh Ibu kepasar, anak tahu bahwa yang ke pasar adalah Ibu, bukan adik yang kepasar atau ayah.  Anak memahami perbedaan bunyi dan kata antara Ibu, adik, ayah.  Anak memahami bunyi pa-sar dan menuliskan pa-sar, i-bu, a-dik, a-yah.

Bimbel ISC, tidak mengunakan pola mengeja pada anak calistung, baca, tulis, hitung. Namun langsung pada bunyi contoh, BU, DA, DI, bukan B…U…BU atau D…I..DI, namun langsung.   Otak kiri berfungsi pada saat proses membaca.    Di Bimbel ISC hubungan antara pengajar dan anak sangat diperhatikan.  Rasa nyaman bagi anak sangat diutamakan sehingga anak belajar dengan perasaan menyenangkan fun learning.  Bila anak menemukan kesulitan ketika membaca atau memahami suatu kata, maka anak tidak segan bertanya.  Pengulangan sangat penting dalam proses belajar calistung  baca, tulis, hitung karena hanya dengan pengulangan anak akan memahami arti dan bunyi suatu kata.  Sehingga anak mampu menulis dengan mendegar kata, hal ini sangat membantu percepatan kemampuan menulis anak.

Baca juga : MEMPERKENALKAN BIMBEL BANDA ACEH

Bimbel Aceh dengan Pengenalan Al-Qur’an dengan Metode Ikrak

Program calistung baca, tulis, hitung Bimbel ISC juga didukung dengan pengenalan baca alquran dengan metode ikrak.  Anak akan belajar mengaji 10 menit sebelum mulai belajar.  Dari hasil pengalaman Bimbel ISC memahami anak sangat menyenangi belajar bahasa Ingris.  Program calistung, baca, tulis, hitung juga memfasilitasi anak untuk mulai mengenal benda dalam bahasa Ingris mengunakan metode bermain fun learning.  Anak dibekali pengetahuan benda, warna serta anggota keluarga.  Pengalaman Bimbel ISC mengajarkan pertemuan antara pengajar dan anak program calistung, baca, tulis, hitung, menjadi saat-saat yang sangat menyenangkan bagi anak.  Dan mereka selalu bergairah untuk belajar membaca. 

Membaca dan Menulis

Membaca adalah mengucapkan huruf demi huruf yang disambung dan membentuk sebuah kata. Menulis adalah gerakan tangan yang membentuk sebuah huruf atau angka. Jadi membaca dan menulis seolah menjadi 2 hal yang tidak bisa dipisahkan seperti aku dan kamu ciyeee hehe. Karena membaca adalah suatu kegiatan untuk melatih bahasa karena menggunakan ucapan. Sedangkan menulis adalah kegiatan untuk melatih motorik halus karena menggunakan tangan.

bimbel aceh

Secara umum pembelajaran calistung dilarang untuk diajarkan pada anak usia dini yaitu usia di bawah 7 tahun. Tapi entah kenapa seolah kebanyakan orang menyalahgunakan presepsi ini. Dengan alasan sekolah dasar menuntut setiap anak yang akan memasuki jenjang itu harus sudah bisa membaca, menulis dan berhitung dan akhirnya hal tersebut dibebankan kepada pendidik pra sekolah/TK. 

Piaget beranggapan bahwa pada usia di bawah 7 tahun seorang anak belum mencapai tahap perkembangan operasional konkret, tahap ini adalah tahap dimana anak-anak sudah bisa berfikir secara terstruktur. 

Padahal anak usia di bawah 7 tahun sebenarnya masih dalam tahap praoperaional, mereka masih belum bisa berfikir secara nyata dan terstruktur. Membaca, menulis dan berhitung sendiri adalah kegiatan yang secara nyata dan terstruktur, sehingga jelas tidak cocok jika calistung diajarkan pada anak usia di bawah 7 tahun.

Bagaimana Membuat Belajar di Bimbel Banda Aceh Menjadi Hal yang Menyenangkan ?

Topik pelajaran bukanlah persoalan yang akan menghambat seseorang memperoleh ilmu. Syaratnya adalah dengan mengubah cara belajar yang disesuaikan dengan gaya belajar dan usia belajar, sehingga akan terasa menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu yang tinggi yang akhirnya meningkatkan minat untuk terus belajar. 

Belajar membaca, menulis dan berhitung merupakan hal dasar yang biasa diajarkan pada anak-anak. Persoalannya hanya pada bagaimana seorang guru membangun/membuat cara untuk mempelajarinya. Sehingga anak-anak menganggap bahwa kegiatan tersebut menyenagkan yang tak ubahnya seperti permainan sehingga tidak membuat anak bosan. Tidak seharusnya kita saling menyalahkan mana yang salah dan mana yang benar. Tugas kita sebagai seorang pendidik adalah mencari solusi. Bagaimana mengajarkan membaca, menulis dan berhitung pada anak usia dini dengan tidak membebankan pikirannya sama sekali. 

Semoga artikel singkat ini dapat membantu minat baca anak. fun learning, fun learning, fun learning, fun learning.

Referensi dan sumber :

https://kompasiana.com : Pengertian dan Tujuan Bimbingan Belajar 

Calistung bagi Anak Usia Dini Halaman 1 – Kompasiana.com

https://renesia.com : Pengertian, Tujuan, Dan Fungsi Bimbingan Belajar Bagi Anak

Pelajari paket Bimbel Aceh yang dapat kamu pilih sesuai jenjang pendidikan di Bimbel Banda Aceh ( LBB Islamic Sinergy Course )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here